MER-C PEDULI PALESTINA

Thursday, January 22, 2009

BERGERAK

Oleh: Rhenald Kasali

"Sebagian besar orang yang melihat belum tentu bergerak, dan yang
bergerak belum tentu menyelesaikan (perubahan)."

Kalimat ini mungkin sudah pernah Anda baca dalam buku baru Saya,
"ChaNge".


Minggu lalu, dalam sebuah seminar yang diselenggarakan Indosat,
iseng-iseng Saya mengeluarkan dua lembaran Rp 50.000. Di
tengah-tengah ratusan orang yang tengah menyimak isi buku,
Saya tawarkan uang itu. "Silahkan, siapa yang mau boleh ambil," ujar
Saya. Saya menunduk ke bawah menghindari tatapan ke muka audiens sambil
menjulurkan uang Rp 100.000.

Seperti yang Saya duga, hampir semua audiens hanya diam terkesima.
Saya ulangi kalimat Saya beberapa kali dengan mimik muka yang lebih
serius.
Beberapa orang tampak tersenyum, ada yang mulai menarik badannya dari
sandaran kursi, yang lain lagi menendang kaki temannya. Seorang ibu
menyuruh temannya maju, tetapi mereka semua tak bergerak. Belakangan,
dua orang pria maju ke depan sambil celingak-celinguk.
Orang yang maju dari sisi sebelah kanan mulanya bergerak cepat,
tapi ia segera menghentikan langkahnya dan termangu,
begitu melihat seseorang dari sisi sebelah kiri lebih cepat ke depan.
Ia lalu kembali ke kursinya.
Sekarang hanya tinggal satu orang saja yang
sudah berada di depan Saya. Gerakannya begitu cepat,
tapi tangannya berhenti manakala uang itu disentuhnya.
Saya dapat merasakan tarikan uang yang dilakukan dengan keragu-raguan.
Semua audiens tertegun.

Saya ulangi pesan Saya, "Silahkan ambil, silahkan ambil."
Ia menatap wajah Saya, dan Saya pun menatapnya dengan wajah lucu.
Audiens tertawa melihat keberanian anak muda itu. Saya ulangi lagi
kalimat Saya, dan Ia pun merampas uang kertas itu dari tangan Saya
dan kembali ke kursinya.
Semuaaudiens tertawa terbahak-bahak. Seseorang lalu berteriak,
"Kembalikan,kembalikan!"
Saya mengatakan, "Tidak usah. Uang itu sudah menjadi miliknya."

Setidaknya, dengan permainan itu seseorang telah menjadi lebih kaya
Rp.100.000. Saya tanya kepada mereka, mengapa hampir semua diam, tak
bergerak.Bukankah uang yang Saya sodorkan tadi adalah sebuah
kesempatan?

Mereka pun menjawab dengan berbagai alasan:
"Saya pikir Bapak cuma main-main ............"
"Nanti uangnya toh diambil lagi."
"Malu-maluin aja."
"Saya tidak mau kelihatan nafsu. Kita harus tetap terlihat cool!"
"Saya enggak yakin bapak benar-benar akan memberikan uang itu ....."
"Pasti ada orang lain yang lebih membutuhkannya...."
"Saya harus tunggu dulu instruksi yang lebih jelas....."
"Saya takut salah, nanti cuma jadi tertawaan doang........."
"Saya, kan duduk jauh di belakang..." dan seterusnya.

Saya jelaskan bahwa jawaban mereka sama persis dengan tindakan mereka
sehari-hari. Hampir setiap saat kita dilewati oleh rangkaian
opportunity (kesempatan),tetapi kesempatan itu dibiarkan pergi begitu
saja.
Yang gila itu adalah yang selalu mengharapkan perubahan, sementara
melakukan hal yang sama dari hari ke hari.....,"

Pembaca, di dalam bisnis, gagasan, pendidikan, pemerintahan dan
sebagainya, Saya kira kita semua menghadapi masalah yang sama.
Mungkin benar kata teman Saya tadi, kita semua mengharapkan perubahan,

tapi kita tak tahu harus mulai dari mana.
Akibatnya kita semua hanya melakukan hal yang sama dari hari ke hari,
jadi omong kosong perubahan akan datang. Perubahan hanya bisa datang
kalau orang-orang mau bergerak bukan hanya dengan omongan saja.

Seperti kata Jack Canfield,yang menulis buku Chicken Soup for the
Soul, yang membedakan antara winners dengan losers adalah
"Winners take action.they simply get up and do what has to be done.".
Selamat bergerak!

Semoga bermanfaat !

Have a positive day

41 komentar:

Anonymoussaid...

Bagus nih.. membangunkan semangat.. thanks ya..

jally gamat said...

saya mu beli dulu bukunya nih,,
terima kasih buat infonya

obat herbal radang paru-paru said...

bener banget gan...
setiap hari itu kita di liputi kesempatan..
tapi tergantung kita bagai mana mau menyikapi nya...

obat herbal penyakit ginjal said...

jadi semangat nih gan setelah baca tulisan ini....

obat herbal kanker kelenjar getah bening said...

saya belum beli buka nya gan..
jadi saya baru denger tentang kata-kata itu..

obat herbal penyakit jantung said...

sebuah artikel yang cukup membangun semangat kita....

obat herbal insomnia said...

setuju gan kita harus cepat bergerak karena kesempatan tidak datang 2 kali.

jus manggis said...

siip gan artikelnya sangat menarik.

john said...

This is a great blog you have here,this is very very informational web,realy i enjoy this...

rock said...

The blog contains informational and educational material. The post enhance my thoughts and experience. So nice!
I've got to scramble to keep up with your prodigious output!

shawn said...

I believe this internet site has got some really good information for everyone .... I don’t understand who you are but certainly you’re going to a famous blogger if you happen to aren’t already

Daftar ONH Plus said...

sip deh!! :)

Custom Lapel Pins said...

nice sharing of content,please keep sharing such a stuff

safety belt mobil said...

hidup harus terus bergerak, klo capek istirahat sebentar trus bergerak lagi, seperti kita mengayuh sepeda

review mobil said...

setuju gan,mesti bnyak bergerak biar aliran darah lancar...
dan sehat pula...nice sharing of content

mazda cx5 said...

thx informasinya...saya juga setuju gan...mesti bnyak bergerak

panduan auto said...

bener banget gan...
tapi tergantung kita bagai mana mau menyikapi nya...

hoby mobil terbaru said...

artikel yang cukup membangun semangat kita....makasi

review top auto said...

I don’t understand who you are but certainly you’re going to a famous blogger if you happen to aren’t already

informasi automotive hijau said...

This is a great blog you have here,this is very very informational web,realy i enjoy this...

berita mobil said...

lebih bnyak bergerak lebih bagus buat kesehatan....

informasi top otomotif said...

mesti bnyak bergerak gan...hihih...biar ga pake kaku otot ototnya...

informasi dunia otomotif said...

nice sharing of content,please keep sharing such a stuff

informasi autofuture said...

So nice!
I've got to scramble to keep up with your prodigious output!

ulasan theautoz said...

jadi semangat nih gan setelah baca tulisan ini...

info carfans said...

bnyak bergerak bagus buat kesehatan...

infiniti jx35 awd said...

realy i enjoy this...thx for share...

astra vxr said...

sehat ya bnyak bergerakkkk

audi a6 30 tfsi said...

lebih bersemangat lagi skrng setelah baca artikel ini..thx

ford focus ev said...

I believe this internet site has got some really good information for everyone .... I

kia soul said...

setuju gan kita harus cepat bergerak karena kesempatan tidak datang 2 kali.

2012 Mercedes-Benz C63 AM said...

bener banget gan...
tapi tergantung kita bagai mana mau menyikapi nya...

all toyota baru auris said...

Sebagian besar orang yang melihat belum tentu bergerak, dan yang
bergerak belum tentu menyelesaikan (perubahan).

chevrolet tahoe tri mode said...

Gerakannya begitu cepat...hihihi

automotive gags said...

nice sharing of content,i like this...

Aksesoris Mobil said...

Cerita yang menarik gan.. Keep writing.

4wheels automotive said...

realy i enjoy this...haha

Sporting Goods said...

cerita yang menarik. really make me enjoy.

bisnis online gratis said...

keren gan artikelnya..
seeppz deh..mantap

buket bunga said...

yuhuuuu mari bergerak majuuuu

bunga pengantin said...

ayukkk bergerak ke hal yang lebih positif

Post a Comment

Komentar Anda

Post a Comment

Komentar Anda