Thursday, January 22, 2009

Hidup penuh makna

Oleh Eko Jalu Santoso

"Hidup bukan hanya untuk diri sendiri", pernahkah Anda mendengar kata-kata tersebut? Kalau kita cermati lebih dalam, maka ada makna tersembunyi yang jauh lebih luas yakni Hidup ini sesungguhnya bukan kehendak kita, tetapi kehendak Allah Tuhan Yang Maha Memiliki Kehidupan. HIDUP bukanlah semata-mata untuk diri kita sendiri, melainkan HIDUP untuk memberikan manfaat bagi orang lain dan kehidupan alam semesta ini.


Kalau kita melakukan sebuah perjalanan ke dalam diri kita sendiri "inner journey", maka kita akan menemukan bahwa sesungguhnya diri kita ini sangat mengagumkan. Bahwa hidup kita ini sangat mengagumkan, maka sepantasnya kalau kemudian kita menghargai kehidupan kita ini, menggunakan hidup ini untuk lebih bermakna. Menghargai HIDUP berarti menjalani hidup ini penuh makna, menggunakan hidup ini untuk memberikan manfaat bagi kesejahteraan diri sendiri, keluarga dan orang-orang di sekitar kita.
Bagaimana menggunakan hidup kita agar menjadi lebih bermakna ? Bagaimana menghargai hidup yang sudah diberikan oleh Tuhan Yang Memiliki Kehidupan ? Apa yang harus dilakukan dalam hidup agar menjadi lebih bermakna ? Tentu banyak sekali jawaban-jawaban yang bisa dituliskan dalam menghargai hidup ini. Banyak sekali cara-cara dalam menggunakan hidup menjadi lebih bermakna. Namun disini saya berbagi bebera tips dalam menghargai hidup kita ini.

1. Mengubah Orientasi Hidup Lebih Memikirkan Orang Lain
Pikirkan sejenak, apakah Anda sering memikirkan diri sendiri dibandingkan orang lain ? Misalnya berpikir bagaimana memenuhi keinginan sendiri, ingin pekerjaan lebih baik, ingin penghasilan lebih tinggi, ingin rumah lebih mewah, ingin mobil lewah baru, ingin bisnis lebih besar, ingin hidup lebih kaya dan ingin-ingin yang lainnya. Kalau hal itu yang selalu ada dalam pikiran kita, artinya lebih sering memikirkan diri sendiri. Kalau itu yang memenuhi benak pikiran kita, artinya kita hanya berpusat pada diri sendiri dan mementingkan diri sendiri.
Dalam buku saya The Art of Life Revolution, yang diterbitkan oleh Elex Media, salah satu cara untuk "merevolusi" hidup kita adalah memulai mengubah pusat hidup kita dengan memikirkan orang lain. Misalnya memikirkan bagaimana membantu anak-anak yatim agar bisa bersekolah, membantu fakir miskin yang kesulitan membeli sembako, bagaimana membantu memberikan pekerjaan bagi pengangguran, membantu orang tak berdaya, memikirkan orang yang kurang rejeki, orang yang tidak pernah dibantu hidupnya. Itu artinya kita sudah mulai memikirikan orang lain, tidak hanya memikirkan diri sendiri saja. Ini akan membawa kita lebih dekat dengan kemudahan, kebahagiaan dan keberuntungan dalam hidup.

2. Meningkatkan empati kepada orang lain.
Bersikap empati kepada orang lain merupakan salah satu cara menghargai HIDUP kita. Bersikap empati berbeda pengertiannya dengan sikap simpati. Sikap simpati lebih merupakan kesepakatan penilaian terhadap orang lain. Sedangkan sikap empati lebih menekankan pada mengerti orang lain, memahami kondisi orang lain secara emosional dan intelektual. Artinya kita menggunakan ketajaman mata hati untuk memperhatikan kebutuhan orang lain, berusaha melihat kesulitan orang lain.
Bersikap empati, sederhananya memandang keluar melalui kerangka pikiran orang lain, atau melihat dunia dan hubungan dengan orang lain melalui kaca mata orang lain.
Bagaimana caranya ?. Kita dapat memulainya dengan menumbuhkan pemahaman dan perasaan dari dalam jiwa kita. Menanamkan tekad dari dalam hati untuk mengutamakan kepentingan orang lain. Memiliki kerendahan hati, kesediaan berbagi kebaikan dengan orang lain. Memiliki kesediaan hati berbagai kegembiraan disaat memperoleh kemenangan dan memberikan dorongan disaat mengalami kesulitan.

3. Banyak Melepaskan Energi Positif.
Melepaskan energi positif artinya banyak melakukan pekerjaan-pekerjaan positif. Memandang hidup ini dari kaca mata positif dan banyak melakukan hal-hal positif. Pernahkah Anda merasakan kebahagiaan pada saat menolong orang yang sedang benar-benar kesuksesan, misalnya ? Itulah sesungguhnya kebahagiaan yang menyentuh aspek spiritual. Menolong orang lain adalah pekerjaan positif, artinya kita melepaskan energi positif kepada orang lain.
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk melepasakan energi positif ini, diantaranya mungkin anda punya semangat, punya ide, punya solusi bagi orang lain, maka berbagilah semangat, ide dan solusi itu dengan orang lain. Anda memiliki pemikiran-pemikiran posisitif, maka jangan malas menulisnya dan kirimkan melalui milis untuk orang lain. Semakin banyak anda melakukan pekerjaan positif, semakin banyak energi positif yang keluar dan semakin banyak yang akan kembali Anda terima. Mungkin anda akan menerimanya dalam bentuk yang berbeda, misalnya kebahagiaan hati, kepuasaan jiwa, ketenangan hidup bahkan bisa saja berbagai kemudahan rejeki, dll.

4. Hadapkan Wajah Hanya Kepada Allah SWT
Hidup ini hanyalah 'pemberian' dari Yang Maha Memberi. Maka Dia-lah yang berkuasa juga untuk mengambilnya kembali. Dialah Allah Tuhan yang mengatur kehidupan kita ini. Dia pulalah yang berkuasa memberikan kemudahan, keberhasilan atau kesulitan dalam kehidupan kita. Tentunya itu semua bermula dari bagaimana cara kita menghargai hidup yang sudah diberikan oleh-Nya.
Menghadapkan wajah kepada Allah, artinya menjaga keseimbangan dalam hidup ini hanya selalu mengorbit dan beredar dalam lingkaran yang berpusat pada hati nurani. Karena hati adalah pusat makna tertinggi dalam kehidupan yang didalamnya sudah ada sifat-sifat mulia Allah Tuhan Yang Maha Esa. Menghadapkan wajah kepada Allah artinya, bertawakal dan berserah diri kepada Allah. Hidup hanya untuk mengabdi kepada Allah, melalui berbagai bidang pekerjaan, melalui bisnis, maupun kehidupan lainnya. Bersyukur menerima kehidupan ini dan bersabar dalam setiap langkah kehidupan. Meskipun demikian tidak pernah berhenti ber-ikhtiar melalui usaha lahiriah yang cerdas dan keras. Lebih lengkap dapat dibaca di buku "The Art of Life Revolution" yang diterbitkan Elex Media. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Sumber: Hidup Penuh Makna Oleh Eko Jalu Santoso, Penulis Buku The Art of Life Revolution , Founder Motivasi Nurani Indonesia


48 komentar:

Anonymoussaid...

belajar forex

forex

bisnis internet

internet marketing

belajar internet marketing

walet

sarang walet

cd walet

sarang burung walet

rumah walet

best forex robot

best forex robots

forex robots

forex robot

forex signal

forex signals

obat alami darah tinggi said...

mantap juga gan infonya,, kata-katanya memotipasi banget gan,, salam kenal aja gan

baju muslim anak said...

thanks sharingnya.memang sebaik-baik manusia yg memiliki banyak manfaat untuk sesama

obat glukoma said...

makasih info'y...
bermanfaat sekali...

obat alami jantung koroner said...

hmm... nice post.. :)
thanks

tv show online said...

hidup terlalu singkat untuk disia-siakan...

chute said...

Mantaap bgt infonya...!!
berguna bgt nich...
Thanks for share.

obat herbal kanker hati said...

setuju gan....
hidup itu memang bukan untuk diri sendiri..
melainkan untuk orang lain juga...
karena pada dasarnya manusia itu makhluk sosial..
yang tidak mungkin hidup sendirian...

obat herbal penyakit diabetes said...

terimakasih atas tips nya..
semoga dengan ini kita akan sadar bahwa hidup itu penuh mekna..

obat herbal HIV aids said...

tips yang bagus........
semoga bermanfaat untuk orang banyak..

obat herbal penyakit stroke said...

hidup memang penuh makna jika kita bisa menghargai hidup kita...

Mobil Bekas said...

poin poin yang bagus terima kasih karena sudah mengembalikan kita ke jalan yang benar ^^

steve @save money ideas said...

it is good

Agen XAMthone tegal said...

artikel yang sangat bagus gan bisa buat pencerahan sekaligus motivasi diri agar lebih mengerti akan hidup ini.

obat herbal getah bening said...

betul sob karena sebaik baiknya manusia hidup di dunia adalah manusia yang bisa berguna dan bermanfaat buat orang banyak.

jus manggis said...

berbahagialah kita semua apabila hidup ini di jalani dengan penuh makna yang positif.

obat herbal glukoma/gangguan penglihatan said...

hidup adalah perjuangan bagaimana kita menjalani hidup dengan penuh makna.

Agen XAMthone bogor said...

betapa sangat ruginya manusia kalau hidup ini di jalani dengan sia sia karena tidak mengerti bahwa sesungguhnya hidup itu penuh bermakna.

Agen XAMthone tegal said...

terima kasih banyak nih sob,infonya sangat bermanfaat. aku tunggu info info yang bermanfaat berikutnya. salam kenal dan sukses selalu.

Business Directory said...

it ioas good

Business Directory

chubbsafes said...

respect and sharing antar sesama umat manusia memang penting bgt mas, aku setuju bgt sm tulisan ini

Panasonic PABX said...

simpati tanpa empati memang ga akan ada artinya yah.. hidup akan singkat kalo kayaknya ga berbagi^^

Chicago commercial cleaning said...

antar sesama umat manusia memang penting bgt mas, aku setuju bgt sm tulisan ini

Chicago office cleaning said...

I have read several good stuff here from your site. Definitely worth bookmarking for revisiting. I wonder how much effort you put to create such a excellent informative website.

Boat Transport said...

it is good

john said...

its really fantastic blog . its realy informational and a such a good job. i love this

rock said...

I am continuously browsing online for articles that can benefit me.Amazing website. Extremely informative. Thanks for this.

Thank you

shawn said...

Very interesting information!Perfect just what I was searching for!I like this site very much, Its a really nice position to read and find information.

Coupon Shopping said...

I like this concept. I visited your blog for the first time and just been your fan. Keep posting as I am gonna come to read it everyday.

Bargain flights to Manila said...

Thank you for the work you have put into this post. I will bookmark your blog because your posts are very informative.We appreciate your posts and look forward to coming back...

vidio bokep said...

hidup penuh dengan warna

nursing home said...

You have done a fantastic job which no one can do so i just want to keep up the good work till end.Thanks

Apartment Software said...

i have seen many posts but your post are awesome from all so just share and share more posts like this.

Stone Gold said...

It is simply awesome many many thank for share i hope you will share more posts like this.
Stock Trading System

skole stranih jezika said...

ok

Cara Menyembuhkan Amandel said...

sip,,hidup sekali jangan sampe menyesal

sigma said...

mantab gan artikelnya .. makasih infonya

pep said...

terimakasih sudah berbagi

lukman abraham said...

mantap gan artikelnya..
Bisa jd inpirasi pembaca...

daftarbisnisnet said...

keren gan artikelnya..
seeppz deh..mantap

Lideah Asyifa said...

bagus artikel nya ... I Like ....

168sdbet said...

nice post gan

Miftahul Hasanah said...

share permissions

Mr Sompotan jr said...

hidup memang bukan untuk diri sendiri,.... tapi jangan bagikan hidup anda bagi orang yang tidak akan menghargainya. karena terlalu berdosa bagi anda yang membagikan kehidupan anda pada orang yang tidak menghargai kehidupannya sendiri........

oleh karena itu,.... JIKA
GIGi ganti GIGI
MATA ganti MATA
TELINGA ganti TELINGA
maka akan terlalu banyak orang yang OMPONG, TULI, DAN BUTA didunia ini,........ hhahahhah
ga nyambung ya, hehheeh share humor aja,..... hahaha

Hasan said...

Sangat bermanfaat, jazakallaah

Hasan said...

Sangat bermanfaat, jazakallaah

Fifi said...

Ijin copas ya

Susu Kambing Etawa said...

Hidup penuh makna, memang benar.....

Thanks artikelnya
:)

Post a Comment

Komentar Anda

Post a Comment

Komentar Anda